Pendaftaran Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat Periode 2023-2027
Persyaratan
Berdasarkan Pasal 30 ayat (1) Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, syarat-syarat pengangkatan anggota Komisi Informasi:
- Warga negara Indonesia;
- Memiliki integritas dan berkelakuan tidak tercela;
- Tidak pernah dipidana karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan hukuman pidana 5 (lima) tahun atau lebih;
- Memiliki pengetahuan dan pemahaman di bidang keterbukaan informasi public sebagai bagian dari hak asasi manusia dan kebijakan public;
- Memiliki pengalaman dalam aktivitas Badan Publik;
- Bersedia melepaskan keanggotaan dan jabatannya dalam Badan Publik apabila diangkat menjadi anggota Komisi Informasi;
- Bersedia bekerja penuh waktu;
- Berusia paling rendah 35 (tiga puluh lima) tahun; dan
- Sehat jiwa dan raga.
Dokumen Administrasi
- Surat pendaftaran yang ditandatangani
- Daftar riwayat hidup
- Foto berwarna terbaru ukuran 4x6 dengan latar belakang (background) berwarna merah
- Salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
- Surat pernyataan kesediaan mengundurkan diri dari keanggotaan dan jabatan di Badan Publik apabila diangkat menjadi Anggota Komisi Informasi yang ditandatangani di atas materai
- Surat pernyataan bersedia bekerja penuh waktu yang ditandatangani di atas materai
- Deskripsi singkat Visi dan Misi jika terpilih menjadi Anggota Komisi Informasi Prov. Sumbar Periode 2023-2027
- Ijazah pendidikan terakhir (minimal S1)
Sebelum melakukan pendaftaran, silahkan unduh formulir lampiran di bawah ini :
1. Surat pendaftaran yang ditandatangani
https://drive.google.com/file/d/1OjmmBArnU1UsuFW2OSGah-2pLtvKtzGz/view?usp=sharing
2. Daftar riwayat hidup
https://drive.google.com/file/d/1dpuH84jczijy-GoNB3PEN58lEWryfwG3/view?usp=sharing
3. Surat pernyataan kesediaan mengundurkan diri
https://drive.google.com/file/d/1hgUCv6PjMo9fSDo3nNZIlk1SOzC7QNNN/view?usp=sharing
4. Surat pernyataan bersedia bekerja penuh waktu
https://drive.google.com/file/d/1IDbD8gblrc4kAqpoAf0ozHPLTKc9YtNV/view?usp=sharing
5. Template-Surat Keterangan Perwakilan Unsur Pemerintah
https://drive.google.com/file/d/1xHXikgVEHCMivWdXR9OCtJ_WElksBkts/view?usp=sharing
Untuk melakukan pendaftaran, diharapkan peserta harus memiliki akun Google Mail (Gmail). Pendaftaran dan penyampaian dokumen kelengkapan administrasi permohonan hanya dilakukan secara online dengan mengunggah hasil pemindaian (scan) dokumen ke halaman registrasi berikut https://forms.gle/hpXADjpNaN6DeD5q9
Waktu Penerimaan dokumen pendaftaran mulai tanggal 20 September 2022 dan ditutup pada tanggal 3 Oktober 2022, Pukul 23:59 WIB.
Seleksi dilaksanakandalam 3 (tiga) tahap dengan sistem gugur dan jadwalnya adalah sebagai berikut:
1. Tahap seleksi administrasi direncanakan tanggal 4 s.d 6 Oktober 2022;
2. Tahap tes potensi direncanakan tanggal 13 Oktober 2022;
Tes Potensi, sbb :
- Tes Pengetahuan Dasar (CAT)
- Tes Pengetahuan Keahlian (CAT)
3. Tahap Psikotes dan Dinamika Kelompok direncanakan tanggal 7 November 2022;
4. Tahap Wawancara direncanakan tanggal 8 s/d 9 November 2022;
Ketentuan Lainnya:
- Kepastian waktu dan tempat pelaksanaan seleksi, akan diberitahukan kemudian;
- Dalam seleksi ini tidak dikenakan biaya atau pungutan dalam bentuk apapun.
- Setiap informasi seleksi ini disampaikan hanya melalui website resmi Diskominfotik Sumbar. Peserta diharapkan selalu memonitor perkembangan setiap tahapan seleksi sesuai jadwal.
- Seluruh biaya akomodasi, transportasi, kelengkapan administrasi dan biaya pribadi yang dikeluarkan oleh Pelamar selama melaksanakan proses seleksi ditanggung oleh Pelamar.
- Keputusan Panitia Seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.