Diskominfotik Sumbar Gelar Workshop Portal Satu Data dan Sosialisasi Metadata Tahun 2024

21 hari yang lalu | 28 | Bidang Statistik Sektoral
Post Title
Berita Terkini Bidang : Bidang Statistik Sektoral

Dalam rangka melaksanakan amanat Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia dan Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor 4 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Satu Data Indonesia Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Prov. Sumbar melaksanakan bimbingan teknis / workshop Portal Satu Data dan Sosialisasi Metadata Tahun 2024 untuk produsen data di masing-masing OPD lingkup Provinsi Sumatera Barat. 

Workshop yang diikuti 100 peserta dari semua OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Sumbar, ini digelar di Aula UPTD Balai Pelatihan Pertanian, Mandiangin, Bukittinggi, Kamis (25/4/2024).

Kepala Diskominfotik Sumbar diwakili Kabid Statistik Sektoral, Mulyadi dalam sambutannya menyampaikan tujuan pelaksanaan workshop ini untuk mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan sebagai dasar dan rujukan utama dalam penyusunan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan.

Selain itu juga guna mendorong keterbukaan dan transparansi data sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang berbasis pada data; dan mendukung sistem statistik nasional sesuai dengan peraturan perundang-undangan. 

Terakhir, lanjut Mulyadi sebagai upaya menetapkan format standar baku pengelolaan Metadata Statistik Sektoral yang meliputi Metadata Variabel, Metadata Indikator dan Metadata Kegiatan, yang dapat menggambarkan penyelenggaraan statistik sektoral di Provinsi Sumatera Barat

“Organisasi Perangkat Daerah sebagai Produsen Data menyiapkan data sesuai prinsip data antara lain standar data, metadata, interoperabilitas data (menggunakan API CKAN) dan kode referensi sesuai dengan kaidah statistik," jelas Mulyadi.

Portal Satu Data Sumatera Barat dapat diakses melalui website https://data.sumbarprov.go.id/. Dalam portal ini telah terintegrasi dengan 14 Kab/Kota di Sumatera Barat dengan 1.623 datasets yang telah di interoperabilitas.

Kegiatan workshop ini menghadirkan narasumber  Dr. Rita Diana, S.Si, M.Si selaku Statistisi Ahli Madya dari BPS Provinsi Sumatera Barat dengan materi Sosialisasi Metadata, Drs Mulyadi, MM selaku Kepala Bidang Statistik Sektoral Diskominfotik Prov. Sumbar dengan materi Statistik Sektoral Menuju Satu Data Indonesia.

Juga hadir Youppie Arliansyah S.Kom selaku Pranata Komputer Ahli Muda Diskominfotik Sumbar dengan materi Pengantar portal SDI dan Prinsip Data, serta Tim IT Bidang Aplikasi Informatika Diskominfotik Sumbar dengan materi panduan Bimtek Portal SDI.(*/doa/Diskominfotik Sumbar)